Thursday, October 16, 2008

Bagaimana Mengukur Kesetiaan Kepada Tuhan?

"Dilepaskan dan Menjadi Setia"

Kiriman dari: Ibu Maggie Chiglo


"Dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat,3. Yohana istri Khuza bendahara Herodes, susana dan banyak perempuan lain. Pere,puan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.
(Lukas 8:2-3)


Maria Magdalena tidak banyak diketahui cerita hidupnya. Kita tidak tahu banyak fakta tentang ketika ia dikuasai roh jahat. Kita tidak tahu banyak detail cerita seputar pertemuan pertamanya dengan Yesus yang akhirnya merubah hidupnya. Bahkan kita tidak punya bukti bahwa ia wanita 'a-moral' seperti yang sering disebut-sebut.

Alkitab hanya memperkenalkannya kepada kita dalam cerita seputar tranformasi radikalnya dari 'orang yang dikuasai roh jahat' menjadi pengikut dan pendukung Yesus Kristus yang setia.

Cerita berikutnya yang menyebut nama Maria Magdalena adalah di bukit Golgota
(Matius 27:56).

Kecuali Yohanes, semua murid Yesus yang lainnya telah meninggalkanNya pada waktu itu. Pada saat puncak terburuk kesakitan dan penderitaanNya, Yesus merasa seorang diri dan ditinggalkan oleh orang-orang yang tadinya selalu disisiNya.

Tetapi dalam 'kealpaan' murid-murid Yesus tersebut, ada 'kehadiran' Maria Magdalena yang sangat berharga bagi Yesus. Perempuan yang telah dilepaskan oleh Yesus dari kuasa roh jahat ini berdiri dengan setia di dekat Sang Pelepasnya, sementara yang lain menyiksa dan mengolokNya. Seolah ia lebih rela mati bersama dengan Yesus dari pada meninggalkanNya seperti yang lain-lainnya.

Kesetiaan Maria Magdalena membuktikan bahwa semakin banyak seseorang dilepaskan dari dosa atau kuasa kegelapan, akan makin besar ia mencintai 'Pelepasnya'(Lukas 7:47).

Kesetiaan adalah buah alami dari perubahan yang dihasilkan Yesus dalam hidup banyak orang. Jika kita tidak membalas 'pelepasan' yang Kristus kerjakan dalam hidup kita dengan 'kesetiaan', itu berarti kita sama sekali tidak memahami betapa 'dalamnya' jurang dosa dan kuasa kegelapan yang tadinya menguasai kita yang daripadanya kita telah dilepaskan.

Tidak heran kalau dari semua orang yang pernah bertemu Yesus dalam masa hidupNya di dunia, Maria Magdalena adalah satu-satunya yang 'diberi penghargaan' secara khusus oleh Tuhan untuk menjadi saksi pertama yang melihat Yesus sebagai Tuhan dalam tubuh kebangkitanNya. (Yohanes 20;14).

Dalam pengertian yang sama, orang yang setia tinggal bersama Yesus karena mengerti apa yang telah Yesus kerjakan baginya, mereka jugalah yang akan menikmati kehadiran Tuhan dalam hidupnya.

Mari kita...
Jangan pernah melupakan dari mana Yesus telah mengangkat kita. Dari cengkeraman kuasa kegelapan apa Yesus telah melepaskan kita. Dan marilah kita menjadikan hidup kita sebagai ungkapan rasa 'terima kasih' yang paling dalam dan murni untuk perubahan yang telah dihasilkanNya dalam hidup kita.

Di mana anda saat ini kalau Tuhan tidak mengerjakan 'pelepasan' dalam hidupmu?
Bagaimana cara anda menghargai Tuhan yang telah melepaskanmu dari kuasa kegelapan?

... Menjadi Setia!

(Kikz)

No comments: