Monday, September 22, 2008

Mengenal Kami: the story behind 'who we are today'!

Kami adalah...

...sekelompok jemaat yang bernaung di bawah payung Gereja Pantekosta Di Indonesia (GPDI), di kota Philadelphia bagian utara (North Philadalphia).

Keluarga kami relatif kecil... kalau bicara soal jumlah. Tetapi kami merasa Tuhan percayakan pada kami suatu pelayanan dengan misi dan visi yang sangat besar. Pelayanan yang tidak berorientasi pada banyaknya jemaat yang datang beribadah di gereja kami... tetapi yang berorientasi pada pelayanan rohani yang meluas dan menyeluruh bagi setiap jiwa.

Sejarah GPDI North Philadelphia...

GPDI North Philadelphia sudah ada sejak sekitar tahun 1997.
Berawal dari sekelompok kecil masyarakat Indonesia yang tinggal di North Philadelphia yang mengadakan persekutuan doa setiap hari Sabtu malam di rumah kediaman keluarga Ibu Maggie Chiglo di Haggert Street. Persekutuan ini dilayani oleh keluarga hamba Tuhan, Pdt. Hanny Tilaar dan Ibu.Berkembang menjadi besar, kami mencapai jumlah sekitar 100-150 jemaat (jika kumpul semua) sehingga rumah Ibu Maggie tidak memadai lagi untuk berbakti. Maka kami menyewa gedung gereja Presbetarian Church di Cumberland Street. Bergantian dengan jadwal ibadah gereja induk, kami mengatur jadwal ibadah dan kegiatan gereja.

Sekitar tahun 2000, terjadi perpindahan besar-besaran masyarakat Indonesia yang tinggal di North Philadelphia ke daerah South Philadelphia.

Banyak alasan yang mendasari perpindahan ini, terutama karena kebanyakan agency tenaga kerja temporer berpusat di South Philadelphia. Sedangkan mayoritas jemaat waktu itu bekerja sebagai tenaga kerja temporer yang sangat tergantung pada agency.

Jumlah jemaat menyusut drastis. Gedung gereja menjadi terlalu besar dan terasa kosong. Kami mencari alternatif lain yaitu menyewa sebuah rumah tinggal di Sommerset Street untuk tempat ibadah.

Tahun 2001 keluarga Pdt. Hanny Tilaar berpindah tugas untuk menggembalakan jemaat di Indiannapolis. Penggembalaan di North Philadelphia digantikan oleh Pdt. Lexie Pandelaki dan Ibu.
Bpk Pdt. Lexie Pandelaki dan Ibu Anneke Koyongian Pandelaki
Gembala Sidang GPDI North Philadelphia

Secara informal kami bernaung dan bekerja sama dengan Beth Eden Ministry, New Jersey yang digembalakan oleh Pdt. Polke Koyongian dan Ibu. Mereka membantu dan mendukung pelayanan di North Philadelphia secara luar biasa. Sebab itu kami kemudian 'mengadopsi' nama mereka menjadi nama tengah kami... GPDI Beth Eden North Philadelphia!
Tahun 2006 kami diberkati Tuhan dengan seorang hamba Tuhan junior, yang adalah putra kedua dari Bapak dan Ibu gembala kami, Brother Franky Pandelaki. Kedatangan hamba Tuhan muda ini bagaikan angin segar yang lama dinantikan jemaat. Brother Angky (begitu kami menyebutnya!) membawa pergeseran arah pelayanan... lebih tepatnya membawa warna, irama dan tingkat kedalaman pelayanan yang lebih jelas dan spesifik.
Praise the Lord... semua bagi kemuliaan Tuhan saja! Brother Frankie Pandelaki
Junior Pastor GPDI North Philadelphia

Akhir tahun 2006, tepatnya bulan November... Bapak dan Ibu gembala kami harus kembali ke Indonesia untuk urusan perpanjangan visa ministry mereka. Karena peraturan imigrasi yang baru, mereka diharuskan untuk tinggal di Indonesia selama satu tahun dulu baru diperbolehkan mengajukan permohonan visa yang baru.

Selama setahun masa penantian itu kami dilayani oleh Brother Angky saja!. Awalnya ada juga perasaan sedih, khawatir dan bahkan sedikit skeptical...(karena secara manusia Brother Angky ini memang masih sangat muda.)

Tetapi justru selama masa setahun 'tanpa orang tua' inilah... banyak dari kami jemaat, secara individu dan bersama, yang justru mengalami perubahan, pergeseren nilai, pendalaman iman... yang pada akhirnya bermuara positif pada peningkatan kepedulian terhadap pelayanan! Rupanya... Tuhan sudah mempersiapkan Brother Angky ini secara luar biasa untuk membentuk dan membawa kami lebih mengakar dan memahami... the true meaning of being a true follower of Christ's!

Dengan gaya pelayanan yang sangat humble, apa adanya, no nonsense, saklak Bible oriented tanpa kompromi, gembala junior kami ini bekerja dengan berani tapi lembut secara detail dalam perbaikan sikap hati dan perilaku keseharian kita sebagai pengikut Kristus.

Dasar semua pengajarannya adalah... perbaikan dan pendalaman our one on one relationship with God! Kalau cinta dan ketaatan kita kepada Tuhan sudah dibenahi dan mengakar kokoh... the other things follows! Dengan sendirinya perbaikan-perbaikan lainnya mengikuti... hampir secara otomatis!

(Coba pikir... betapa Tuhan mengatur semuanya dengan sangat indah dan rapih! See... jalan Tuhan itu selalu adil dan benar! Tak selalu termengerti akal... tapi selalu adil dan benar! Bravo Tuhan!

Kemudian...
Tahun 2008 awal, tepat setahun kemudian, Bapak dan Ibu gembala kami kembali. Persis seperti yang kami minta dan doakan! Puji Tuhan. Dan merekapun mendampingi dan mensupervisi pelayanan di GPDI North Philadelphia sebagai Senior Pastor hingga saat ini. Jadi saat ini... we are so blessed bahwa Tuhan menempatkan tiga orang hamba Tuhan yang luar biasa untuk melayani kami. Praise the Lord!.

Misi pelayanan kami adalah........ (tolong lanjutkan ya Bro. Angky!)

Visi ke depan kami adalah.......... (ini juga ya...)


(Kikz)


No comments: